Mungkin masih banyak di antara kita yang bingung bagaimana cara kerja seorang marketing? Padahal setiap orang bisa melakukan penjualan tanpa harus menjadi marketing, kita dapat mempelajari ilmu-ilmunya secara sendiri dengan cara membaca buku, artikel di media online dan lain sebagainya. Keberanian serta mental yang kuat memang sangat dibutuhkan dalam menjalankan aktifitas rutin yang dilakukan oleh setiap marketing. Tahan malu dan tahan penolakan. Dua kata inilah yang menjadi kekuatan untuk menghadapi hari yang mungkin tidak sesuai pada target.


Marketing, Marketing
Marketing Online


Apapun produk yang dijualnya, marketing harus mampu mencapai goal yang telah direncanakan. Walaupun tidak 100 % melampauinnya, setidaknya berhasil melakukan promosi atas barang atau jasa yang ditawarkannya.

Di era digital saat ini, banyak media online yang mempermudah marketing dalam melakukan penjualan barang dagangannya. Sebut saja tokopedia, shoppe, olx, google, facebook, instagram, tiktok dan lainnya, marketing dengan sangat mudah menawarkan produknya melalui genggaman samrtphone yang dimilikinya.

Inilah aktifitas rutin yang biasa dilakukan oleh marketing agar bisa mencapai target penjualan yang telah ditentukan perusahaan:

  • Sering bertemu banyak orang minimal 10 dalam sehari untuk menawarkan produk
  • Sebar brosur
  • Pasang iklan
  • Mengembangkan jaringan
  • Telemarketing

Bertemu Banyak Orang

Semakin banyak bertemu orang semakin banyak kesempatan untuk menjual produk barang dagangan yang kita jual. Perbanyaklah silaturahmi ke semua orang yang kita jumpai jangan hanya membicarakan produk yang kita jual saja, tetapi cari kesamaan hobi, kebiasaan, suku dan gali kebutuhan yang diperlukan oleh lawan bicara.

Buat pembicaraan yang tidak menoton, banyaklah mendengar daripada bicara. Sehingga lawan bicara senang dan nyaman berbicara dengan kita. Jalin komunikasi yang tidak terbatas pada masalah pekerjaan.

Sebar Brosur

Kegiatan sebar brosur merupakan aktifitas yang tertua dalam menyampaikan informasi penjualan kepada calon pelanggan. Biasa dilakukan di perumahan, perkantoran, pasar dan lainnya. Prosentase penyebaran brosur harus dilakukan sebanyak mungkin agar sampai pada orang yang memerlukan barang atau jasa yang kita jual.

Pengalaman yang pernah admin lakukan sebelum adanya media online adalah menyebarkan brosur setiap hari paling sedikit 200 lembar, jika dilakukan dalam 1 bulan akan tersebar sebanyak 6.000 lembar brosur.

Pasang Iklan

Jangan pernah ragu mengeluarkan uang untuk pasang iklan di media offline maupun online, cara ini paling ampuh untuk menjaring calon pembeli. Karena hampir semua orang menggunakan smartphone, segala sesuatunya dilakukan lewat hp.

Berkorbanlah walau harus mengeluarkan biaya yang tidak murah, anda akan mendapatkan hasil yang fantastik penjualan dari promosi iklan tersebut.

Mengembangkan Jaringan

Buatlah bisnis anda semakin berkembang dengan mengembangkan jaringan melalui mediator yang telah terdidik mengetahui dan faham produk atau jasa yang dijual. Hindari agen marketing yang tidak mau tahu dan belajar dari kejelasan produk tersebut.

Sampaikan informasi produk secara detail, agar mitra bisnis bisa berjualan sesuai prosedur perusahaan inginkan.

Telemarketing

Jalin komunikasi kepada yang sudah maupun yang belum membeli produk kita dengan cara menyanyakan kabar, memberikan ucapan ulang tahun dan sebagainya melalui telpon, sms, whatsapp, telegram, email dan seterusnya.

Berikan perhatian khusus pada mereka.

Coba lakukan hal di atas secara rutin, lakukan secara fokus. Jangan lupa sedekah dan berdoa kepada Allah SWT. Serahkan hasil akhir kepada - Nya.

Semangat terus
Para pejuang pencari nafkah keluarga