Gadai Sertifikat Rumah. Apakah bisa pengajuan dana tunai dengan menggunakan jaminan berupa sertifikat rumah cair lebih cepat? Pertanyaan seperti inilah yang sering ditanyakan oleh calon nasabah yang ingin mengajukannya. Sebelum kami menjawab, perlu diketahui tahapan dalam proses kredit di tempat gadai sertifikat sebelum pencairan ada beberapa titik yang harus dilewati, yakni kelengkapan dokumen, survey ke rumah, analisa, persetujuan, pengantaran sertifikat asli ke kantor, cek keabsahan di BPN dan akad kredit di hadapan notaris kemudiang langsung cair ke rekening bank yang dimiliki peminjam.


Gadai Sertifikat Rumah, Gadai Sertifikat Rumah Mewah
Gadai Sertifikat Rumah


Gadai Sertifikat Rumah Proses, Syarat dan Ketentuannya

Jika ingin mendapatkan dana tunai cepat cair tentunya tidak tepat bila mengajukannya dengan memakai jaminan sertifikat rumah. Bank sekalipun funder pribadi hampir sama-sama memakan waktu yang tidak begitu cepat. Karena produk pinjaman yang paling cepat untuk mencairkan dana secara transfer maupun tunai hanya dengan cara gadai BPKB. Dalam menggadaikan buku pemilikan kendaraan bermotor baik motor ataupun mobil dapat cair dalam waktu satu hingga tiga hari kerja.

Berbeda dengan cara gadai yang menyerahkan sertifikat rumah sebagai jaminannya yang melibatkan pihak ke tiga dalam urusan legalitas secara hukum. Jika hal ini tidak dilakukan maka lemah bisa terjadi perselisihan antara pemberi dan penerima uang berbentuk hutang.

Sertifikat yang dapat dijaminkan terbagi dua, antara lain sertifikat hak milik (SHM) atau sertifikat hak guna bangunan (SHGB).

Sertifikat hak milik rumah memiliki tingkatan paling tinggi yang tidak memiliki batas waktu perpanjangan dibanding sertifikat bentuk lainnya.

Sedangkan sertifikat hak guna bangunan rumah memiliki batas waktu jatuh tempo, yang mana jika sudah habis harus dinaikkan menjadi sertifikat hak milik. Pembatasan jenis sertikat tersebut kurang lebih 20 tahunan. Jika mengajukan dana tunai jaminan sertifikat rumah yang berbentuk SHGB yang telah mati ini melalui bank perkreditan rakyat maka akan ditolah jika tidak sekalian diurus peningkatannya.

Apapun bentuk sertifikat yang akan dijadikan sebagai jaminan melalui tempat gadai, perlu dipahami terlebih dahulu tahapan proses dana tunai jaminan sertifikat rumah yang ada di Jabodetabek, karawang, cikampek, bandung, cimahi, majalengka dan cirebon ini.


Kelengkapan Dokumen

KTP, kartu keluarga, surat nikah, pbb rumah, slip gaji / sku, rekening tabungan dan sertifikat rumah harus dilengkapi sebagai syarat gadai. Data-data inilah yang juga mempengaruhi cepat atau lamanya proses pencairan dana.

Periksalah KTP suami dan istri, apakah sudah sudah E-KTP atau belum? Jika belum segera urus ke kelurahan kecamatan terdekat agar segera diberikan resinya. Cermati nama, titel, tempat tanggal lahir, alamat, rt, rw, kelurahan, kecamatan, agama, tanda tangan jangan sampai ada yang salah ketik.

Kartu keluarga dicari terlebih dahulu, terkadang terselip maupun lupa menaruhnya. Kk tersebut yang asliny nanti akan diperlihatkan ke hadapan notaris.

Bagi yang menikah sirih atau yang lebih kenal dibawah tangan tanpa ada surat dari negara tidak bisa mengajukan dana tunai gadai sertifikat rumah. Karena tidak bisa menujukan surat nikah maupu akta nikah. Jika belum memilikinya atau hilang maka segera urus kembali.

PBB rumah juga wajib ada, jika tidak ada maka akan ditolak pengajuannya. Tagihan pajak bumi bangunan ini sangat diperlukan saat pengikatan kredit.

Slip gaji atau sku dan rekening tabungan untuk pedagang lampirkan sebangai dasar pengacuar limit pinjaman yang akan cair oleh komite kredit.

Sertifikat sebagai agunan utama sudah barang tentu harus ada tanpa terkecuali. 

Jangan bicara cepat atau lama prosesnya jika kelengkapan dokumen pribadi saja sulit untuk dilengkapi, gimana survey dan kredit analis bisa menilai permohonan dana tunai yang sedang diajukan. Semakin lama kelengkapan data semakin lama pula prosesnya.


Survey ke Rumah

Kunjungan surveyor ke rumah hanya memerlukan satu hari guna mengetahui harga dan lokasi agunan yang akan dijaminkan serta mengenal calon nasabahnya secara dekat.


Analisa Keputusan

Setelah dokumen lengkap dan hasil survey diterima, saatnya hasil akhir yaitu persetujuana atau penolakan dana tunai yang sedang anda ajukan. Jika disetujui maka akan keluar angka yang layak diberikan kepada nasabah berdasarkan dari hasil survey dan anaslisa keuangan.


Pengantaran Sertifikat Asli

Pemberitahuan dari bank tentang persetujuan kredit Anda sudah diterima, tinggal menunggu sertifikat asli diantar ke kantor. Diharapkan pengantaran sesegera mungkin, jangan menunggu besok ataupun lusa, karena hal ini dapat mempengharungi lama tidaknya pencairan uang.


Cek BPN

Pengecekan sertifikat asli ke Badan Pertanahan Nasional setempat memiliki proses yang berbeda-beda setiap cabang berada. Cabang BPN di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, Bandung, Cimahi, Majalengka dan Cirebon tidaklah sama, maksimal hasil pengecekan bisa keluar dalam 3 hari.


Persiapan Akad Kredit

Di tahap final ini, dimana bank dan notaris saling menyiapkan hal-hal yang perlu dibawa untuk keperluang pengikatan akad kredit. Notaris biasanya menyiapkan APHT, sedangkan bank menyiapkan surat perjanjian yang perlu ditandatangani nasabah.

Begitulah tahapan gadai sertifikat rumah yang perlu diketahui, jadi tidak mungkin dana tunai tersebut menjanjikan cair dalam waktu 1-5 hari kerja, sekalipun itu lewat rentenir.

Tahapan tersebut bisa saja lama, jika sertifikat atas nama orang lain dan waris. Kalau sertifikat atas nama sendiri maupun orang tua dijamin bisa cepat seperti penjelasan di atas.

Setelah memahami proses gadai sertifikat rumah, sekarang sudah tidak ada lagi pertanyaan cepat atau lama proses pencairannya. Jika mau langsung cair maka gadai BPKB motor solusinya, jika mau cair dalam waktu 3 hari ajukan gadai BPKB mobil.

Sertifikat Rumah Atas Nama Sendiri, Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Tua, Sertifikat Atas Nama Orang Lain, Sertifikat Atas Nama Orang Meninggal, Begini Carany Agar Dana Tunai Bisa Cair

Mengajukan pinjaman dana tunai dengan jaminan sertifikat rumah memang berbeda pada agunan BPKB. Pencatatan secara hukumnya dijaminan SHM atau SHGB benar-benar harus dilakukan, jika terjadi wanprestasi maka akan berurusan ke pengadilan. Oleh sebab itu syarat gadai harus diikuti sesuai prosedur hukum dan perusahaan.

Tujuannya agara kreditur dan debitur terlindungi hukum, bukan untuk meribetkan proses pencairan dana tunai. Begini cara mengajukan dana tunai dengan jaminan sertifikat rumah melalui bank perkreditan rakyat :


Sertifikat Atas Nama Sendiri

Dokumen KTP suami istri, kartu keluarga, surat nikah, pbb rumah, slip gaji / sku, rekening tabungan, sertifikat nama sendiri pemohon atau pasangan.

Suami istri saling mengetahui pengajuan dana tunai bahwa sertifikat rumahnya akan dijaminkan, bersedia datang, menandatangani perjanjian kredit bersama-sama di bank dan notaris.

Apabila suami atau istrinya salah satu berhalangan hadir maka pinjaman dana tunai jaminan sertifikat rumah dibatalkan.


Sertifikat Atas Nama Orang Tua

Dokumen KTP suami istri, kartu keluarga, surat nikah pemohon dan milik orang tua suami istri, pbb rumah, slip gaji / sku, rekening tabungan (pemohon) dan sertifikat.

Posisi orang tua dijadikan penjamin atas kredit yang diajukan oleh anaknya, bisa juga anaknya dijadikan penjamin sedangkan orang tuanya sebagai pemohon.

Jika kedua orang tua enggan datang ke kantor untuk menandatangi berkas persetujuan pinjaman uang, maka permohonan akan dibatalkan tidak dapat dilanjutkan karena keberatan. Namun jika bersedia menyetujui pinjaman ini, kedua orang tua dan anaknya bisa sama sama datang ke bank untuk melakukan tanda tangan perjanjian.


Sertifikat Atas Nama Orang Lain

Sudah ada AJB dari nama penjual ke nama anda hanya diperlukan data-data pribadi milik anda seperti KTP, kartu keluarga, surat nikah, pbb rumah, slip gaji / sku, rekening tabungan dan sertifikat rumah.

Bila disetujui sertifikat akan dibalik nama ke nama anda sendiri dengan biaya yang akan dipotong dari pinjaman.

Hanya kwitansi saja dokumen yang diperlukan milik penjual dan pembeli KTP, kartu keluarga dan surat nikah. Selanjutnya pbb, slip gaji / sku, sertifikat.

Pihak penjual dan pembeli wajib hadir untuk melakukan akad jual beli, akad kredit jaminan sertifikat rumah. Jika penjual tidak bisa hadir maka tidak bisa dilanjutkan.

Sertifikat akan dibalik nama ke pembeli dan biaya akan dipotong dari jumlah pinjaman uang yang diajukan.


Sertifikat Atas Nama Orang Meninggal

Yang dimaksud dengan sertifikat atas nama orang meninggal ini hanya terfokus pada nama kedua orang tua, selain itu tidak bisa. 

Bila ke dua orang tua atau salah satunya telah meninggal dunia maka dokumen penting yang perlu dipersiapkan dalam mengajukan dana tunai jaminan sertifikat rumah yaitu surat keterangan kematian dari rumah sakit, puskesmas dan sebagainya. Lalu surat keterangan waris yang dikeluarkan oleh desa maupun kecamatan.

Kedua berkas tersebut wajib ada, jika tidak bisa melengkapinya maka akan dibatalkan. Sertifikat akan dibalik nama kepada para ahli waris. Oleh sebab itu semua ahli waris harus hadir menghadap notaris tanpa alasan apapun berhalangan.

Apabila ada ahli waris masih di bawah umur yang belum memiliki KTP wajib memiliki surat perwalian dari pengadilan.

Masih cari gadai sertifikat rumah? Bank Perkreditan Rakyat solusi terbaik untuk mendapatkan dana tunai.

Informasi gadai sertifikat rumah terdekat: whatsapp 081380116778